Senin, 07 Mei 2012

Microsoft Access (Tugas II)

Di dalam mengolah database, Access 2007 memiliki sarana objek yang mempermudah untuk membuat database. Objek-objek tersebut adalah Table, Query, Form dan Report.
  • Table adalah sekumpulan data yang memiliki topik tertentu. Tabel terdiri dari berbagai Field dan Record.
  • Field adalah tempat dimana data / informasi dalam kelompok yang sama / sejenis dimasukkan. Field umumnya tersimpan dalam bentuk kolom secara vertikal pada tabel.
  • Record merupakan data lengkap dalam jumlah tunggal yang biasanya tersimpan dalam bentuk baris secara horizontal pada tabel.
Untuk memulai membuat database, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka program Microsoft Office Access 2007 dengan klik  start  lalu All Programs –> Microsoft Office –> Microsoft Office Access 2007.Lalu klik blank database tentukan nama database dengan DataRental dan kamu juga bisa menentukan lokasi penyimpanannya.
  2. Klik tombol Create untuk membuat atau Cancel untuk membatalkan. Saya sarankan Anda menekan tombol Create.
Biasanya ketika pertama kali membuat database, maka secara otomatis akan keluar tampilan Table1 dalam format Datasheet View. Sangat disarankan mengubah tampilan ke Design View dengan cara pilih tab Datasheet –> View –> Design View. Why Design View? Karena Design View lebih mudah dalam mengoperasikannya dan Anda secara otomatis diminta untuk memasukkan nama tabel. Ketikkan nama tabelnya dengan nama VCD/DVD. Setelah itu munul tampilan Design View dengan nama field yang secara otomatis terisi dengan ID. Karena ini database DataRental dan Table VCD/DVD, Usahakan Code Film sebagai Primary Key dengan cara mengklik logo primary key..
Lalu Create Table lagi dengan cara pilih tab Create lalu klik Table.
Maka akan muncul tampilan berikut ini,

Lalu ubahlah Table1 dengan Penyewa dengan cara klik kanan di Table1 yang berwarna orange dan klik save lalu masukkan dengan nama Penyewa. lalu ubah tampilan ke Design View dan ubah nama field dengan cara di klik 2x pada name fieldnya lalu isi seperti berikut ini,
lalu ubah tampilan ke DataSheet View untuk mengisi data data nya. Berikut contoh data tada di table VCD/DVD dan table Penyewa :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar